Selasa, 19 Desember 2017

Sano Nggoang, Harta Yang Tersembunyi

MejaBundar.Com-Labuan bajo, memiliki keanekaragaman daya tarik pariwisata yang mengagumkan, tidak heran jika setiap tahunnya begitu banyak wisatawan lokal maupun asing yang datang berkunjung hanya untuk menyaksikan keindahan lukisam alam yang dipersembahkan oleh sang empunya kekuasaan. 

Pantai Binongko-Salah satu tempat pariwisata yang berada di labuan bajo.
















Oleh : Ones F. Napang
Editor : glarangkempo.blogspot.com

Salah satu daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung kelabuan bajo adalah tradisi dan budayanya. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Rumah-rumah Adat dan menyaksikan Tari-tarian budaya (Tarian Caci) manggarai yang memiliki karateristik dan keunikan tersendiri, dan salah satu program unggulan yang dicanangkan oleh pemkab mabar saat ini adalah pembangunan sekstor pariwisata untuk menunjang pendapatan anggaran daerah (PAD).

Danau Sano Nggoang merupakan salah satu danau yang memiliki potensi pariwisata, danau ini terletak di Desa, Wae Sano, kec. Sano Nggoang, Kab. Manggarai Barat-NTT. Danau akibat gempa vulkanik ini merupakan danau terbesar di Nusa Tenggara Timur (NTT), letaknya yang berada diujung barat pulau Flores. Lukisan alam ini, membuat para pengunjungnya menjadi nyaman dan tak ini ingin pergi kerena ke asriannya yang masih terjaga.
Akses menuju kedanau ini masih relatif sulit, satu-satunya akses dari labuan bajo, melalui jalur darat dengan jarak tempuh tempuh (1-3) jam, dengan menggunakan sepeda motor atau dengan menggunakan mobil. Wisatawan yang datang akan disambut dengan ramah oleh masyarakat di desa itu, bahkan diadakan upacara adat atau kapu. Di dusun Nunang juga sudah terdapat home stay yang sudah disediakan untuk kebutuhan akomodasi wisatawan yang berkunjung. Dan juga sebagai pusat informasi untuk wisatawan dan juga di sediakan berupa peta wisata yang akan dipandu oleh masyarakat setempat.











Dibalik keindahan danau sano nggoang
Fotografi
Setiap orang yang datang berwisata pasti akan sangat senang mengabadikan kegiatan wisatanya, di danau ini banyak sekali tempat yang menarik untuk mengabadikan kegiatan wisatanya, ketika sang fajarpun mulai terbenam diufuk barat, tak kalah danau ini memancarkan sinarnya yang begitu megah dan agung (Sunset). Parawisatawan tentu tak ketinggalan dengan momen ini untuk mengabadikan kebersamaanya dengan danau sano nggoang.













Jenis-jenis burung endemik yang terdapat di hutan mbeliling
Tracking
Keasrian dan keindahan Danau Sano Nggoang akan lebih bisa di nikmati dengan melakukan tracking menuju puncak yang ada di sekitar danau ini. Perjalanan menuju puncak juga tentu tidak kala serunya, melewati hutan dan bebatuan yang tersusun rapih, di iringi oleh kicauan burung-burung endemik seolah menyambut kedatangan wisatawan yang sedang berkunjung ke danau ini. Banyak sekali spesies yang bisa Anda temui jika berkunjung ke kawasan ini. Burung endemilk sebagian besarnya ada di wilayah ini (Burung love, Beo, kenari, pipit dan kolibri), dikala sang fajar terbit diufuk timur sebelum embun pagi membasahi bumi, kicauan-kicauan burung yang seakan-akan menyapa kita. Sangat mudah mengamati aktivitas mereka, bagi fotografi tentu tidak melewati begitu saja untuk mengabadikan momen ini, akan sangat senang dan ingin selalu berada di sana dan tak lekas pergi dari habitat mereka.

jakarta, 20 Desember 2017

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search